TERMUX : Penjelasan Lengkap,Kode Dasar,Cara Penggunaan dan Manfaat

Ini adalah postingan pertama saya di blog ini mengenai termux, sebagai pengenalan pertama saya dengan anda yang nantinya kita akan belajar termux bersama-sama.

Postingan ini saya buat bukan maksud saya untuk menggurui ataupun mengajari anda tentang termux. Melainkan blog ini saya buat untuk saling share tentang script termux yang saya pelajari agar lebih bermanfaat dan mudah diakses oleh orang lain.

APA ITU TERMUX?

Termux adalah sebuah aplikasi emulator terminal Linux yang ada di Android. Temux mempunyai basis environtment Linux debian yang bisa mendukung perangkat 32/64 bit. Termux hanya bisa dijalankan pada android 5.0 keatas.

Termux ini dibuat oleh Fredrik fornwall, aplikasi nya mempunyai ukuran yang relatif kecil dan ringan dijalankan di handphone spesifikasi rendah.

APA KEGUNAAN DAN MANFAAT TERMUX?

Aplikasi termux berguna untuk menjalankan berbagai package Linux yang biasanya hanya bisa dinikmati di komputer kini bisa dilakukan hanya dengan smartphone android.

Termux juga bisa untuk penginstalan berbagai distro Linux di android anda bahkan tanpa root. Misalnya saja kalilinux,debian,Ubuntu,kalinethunter,Parrot security dan distro Linux hacking lainya.

Selain itu termux juga bisa digunakan untuk testing security jaringan dengan menginstal berbagai manager paket tambahan.

CARA MENGGUNAKAN TERMUX

Kalau anda sudah terbiasa dengan ruang lingkup Linux environtment ,memakai termux tentu sangatlah mudah. Namun jika anda masih baru mengenal termux, pelajari dulu bahasa dan perintah dasar termux.

Berikut Perintah – perintah dasar yang ada pada termux:

  1. su = super user ; mengaktifkan mode super user (root). Biasanya  ditandai dengan simbol

    $ untuk user biasa, dan
    # untuk superuser

  2. cd = Change Directory ; Membuka direktory (folder)

    cd /system

  3. ls = List ; Menampilkan isi direktory (folder) tertentu

    . ls /sys

  4. cat = menampilkan  file

    cat /proc/cpuinfo

  5. pm = mengecek hak akses/permission suatu file

  6. pm install = perintah untuk memasang

    pm install etcsession.apk

  7. cp = Copy ;copy file

    busybox cp /sys/A /system/

  8. mv = move ; Memindahkan  file

     busybox mv /sys/B /system/

  9. rm = Remove ; menghapus  file

    busybox rm /sys/C /system/

  10. tar = membuat file yang terkompres seperti winzip, 7zip, winrar dan lainnya.

    tar /

  11.  df = Disk Free ; Menampilkan ruang kosong pada disk anda

  12. top = Menampilkan semua proses yang berjalan.

  13. uptime = Menampilkan jumlah rentang.

  14. exit = Perintah untuk keluar

    Jika  berada pada mode superuser (root) maka perintah ini akan mengubah anda menjadi user biasa. Jika  dalam mode user biasa, maka perintah ini akan menutup aplikasi.

  15. Perintah PKG dan Apt untuk penginstalan paket.

    Adapun perintah lainya ,biasa nya mengikuti package dan paket manager yang diinstal.

PAKET YANG BISA DICOBA INSTAL PADA TERMUX UNTUK PEMULA

Ada banyak sekali paket manager termux yang dapat anda install,karena memang aplikasi yang satu ini mempunyai banyak pengembang script di github.

Untuk pemula seperti saya ,saya mencoba paket yang paling berguna dan sering untuk dibuka, misalnya saja unrar untuk mengelola file yang berbentuk rar.

Kalau kita coba instal dari playstore aplikasi sejenis ini tentu membebani memori ram dan rom android, untung saja di termux ada paket unrar. Untuk menginstal nya bisa gunakan perintah dibawah ini.

pkg install unzip && pkg install unrar

Untuk paket paket termux yang lain, di postingan berikutnya akan saya share lebih lengkap.

Ada 3 cara dalam penginstalan paket pada termux:

  1. Menginstal dari official software repository. Paling banyak menggunakan github
  2. Mendownload script khusus termux. biasanya berekstensi *.deb, bisa dijalankan dengan perintah $ dpkg -i nama_aplikasi.deb
  3. Mendownload script dalam bentuk pemograman ruby,perl dan phyton.

Untuk menjalankan script ini anda harus menginstal bahasa pemrograman terkait.

Baca Juga: Cara Sadap Whatsapp dengan Termux Android

Kesimpulan

Mungkin anda membaca artikel ini untuk belajar termux untuk digunakan dalam hal hacking dan pentesting. Yah pada dasarnya komputer kegunaan ya banyak dan tak terbatas tergantung kreatifitas.

Sama halnya dengan termux, opensource yang kegunaannya juga tak terbatas dengan banyaknya paket yang dapat anda gunakan.

Namun mempelajari ilmu hacking tentu tidak semudah yang dibayangkan, perlu pemahaman lebih mendalam dan fokus dengan berbagai bahasa pemrograman yang terintegrasi dengan berbagai program.

Yang paling penting jangan sampai disalahgunakan, karena setiap lalu lintas internet juga meninggalkan jejak, dan ada undang undang tentang ITE.