Pengertian Teknologi Nano Beserta 5 Fugsinya Bagi Manusia

Pernahkah kamu mendengar teknologi nano? Jika kita mengulik lebih dalam lagi pada kita sering kali mendengar penggunaan nano SIM untuk operator.

Maka bisa dibilang nano-sim tersebut masuk kedalam contoh penggunaan teknologi nano yang saat ini sangat familiar dan sering kita dengar.

Jika kita berbicara tentang Nano secara lebih luas lagi, ternyata cukup banyak orang-orang yang menggunakannya tapi jarang yang menyadari atau mengetahui hal tersebut.

Untuk sahabat SabiNews Yang penasaran seperti apa sih pengertian teknologi nano dan apa fungsinya untuk kepentingan manusia, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Teknologi Nano

Teknologi nano secara garis besar adalah sebuah teknologi yang menggunakan skala nano.

Nah untuk kamu yang belum tahu apa itu skala nano bisa dikatakan merupakan skala sepersemilyar yang menggunakan sebuah sifat material untuk ukuran atom sering disebut sebagai nano ini.

Jika melihat pada sejarahnya, teknologi nano sendiri sudah diperkenalkan sejak tahun 1980-an.

Kebutuhan orang-orang dengan menggunakan ukuran barang yang lebih kecil ini mungkin menjadi alasan utama adanya ide memunculkan teknologi nano.

Lalu, apa saja manfaat yang diberikan teknologi ini selain ukurannya yang lebih kecil? Untuk mengetahuinya, ikuti penjelasannya dibawah ini.

Fungsi Teknologi Nano

1. Mampu Mengatasi Perubahan Iklim

Perubahan iklim merupakan salah satu bagian kehidupan kita yang seringkali dialami. Bahkan setiap negara pun tentunya memiliki iklim yang berbeda-beda.

Dengan demikian, kita juga memerlukan alat-alat yang bisa beradaptasi dengan perubahan iklim yang ada.

Nah, dengan adanya teknologi nano ini, tentu kita akan sangat terbantu dengan terciptanya baterai tahan lama, adanya panel surya, dan masih banyak lagi.

2. Penyimpanan Data yang Lebih Besar

Kembali lagi pada teknologi informasi, penggunaan teknologi nano ini yang banyak digunakan untuk penyimpanan data dengan jumlah yang banyak.

seperti yang sudah kita ketahui bahwa perkembangan teknologi semakin pesat seperti ini tidak lepas dari kebutuhan pengguna itu sendiri.

salah satunya adalah penyimpanan data yang besar seperti harddisk, hingga mencapai Terabyte, paling tidak hingga saat ini. Teknologi nano ini sendiri mampu menciptakan memori hingga ultra padat.

Dengan ukuran memori seperti itu, maka tidak mengherankan jika penyimpanan data teknologi nano mampu sebesar itu.

Ditambah lagi bisa jadi di masa yang akan datang akan muncul lagi penyimpanan data yang jauh lebih besar ukurannya dari Terabyte.

3. Proses Transplantasi Organ Tubuh

Pada fungsi yang ketiga ini yang sering dilakukan dalam kedokteran. Transplantasi organ tubuh ada pada saat ini merupakan salah satu contoh nyata penggunaan teknologi nano pada bidang kesehatan.

Dengan adanya teknologi nano tersebut sudah cukup banyak nyawa manusia yang telah terselamatkan.

Konsepnya sendiri adalah organ-organ tubuh manusia dibekukan melalui partikel Nano sebelum masuk ke dalam proses transplantasi. Dengan begitu organ tubuh yang akan dipindahkan akan lebih tahan lama dan tidak cepat rusak.

4. Fleksibilitas dan Bobot Lebih Ringan

Manfaat lainnya dari teknologi nano adalah memiliki fleksibilitas serta bobot barang yang jauh lebih ringan.

Hal ini telah dikembangkan oleh seorang ilmuwan yang bernama Arman Bengio dalam pembuatan antena.

Sebuah antena yang dibuat dari bahan serat karbon nanotube memungkinkan antena tersebut memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan antena biasa.

5. Dapat Menjadi Pengganti Material Tertentu

Fungsi yang terakhir dari nanoteknologi ini adalah dapat digunakan sebagai pengganti material tertentu. Contohnya adalah penggunaan teknologi nano untuk menggantikan kaca.

Dengan menghilangkan sebuah zat lignin pada kayu dan disuntikan dengan epoxy di bagian pembuluh kayu, maka kayu akan menjadi lebih transparan dibanding sebelumnya.

Hal ini yang memunculkan opini jika kayu ini bisa menggantikan material kaca di masa yang akan datang nantinya.

Baca Juga: Sejarah Perkembangan Komputer dari Waktu ke Waktu

Itulah pengertian teknologi nano dan beberapa fungsinya bagi manusia. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat ya.