Pengertian-ai
Android, Komputer

Pengertian AI (Artificial Intelligence) : Tujuan Dan Penerapan

Pengertian AI (Artificial Intelligence) – Dalam cabang ilmu komputer yang mempelajari bagaimana menyusun suatu program agar dapat bekerja layaknya manusia atau robot pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya AI atau Artificial Inteligence. Banyak yang mengartikan bahwa Artificial Inteligen hanya mencakup sebatas dunia robotic saja, namun sebenarnya pengertian AI mencangkup lebih dari itu.


Artificial Intelegence disebut juga sebagai kecerdasan buatan yang dapat digunakan di berbagai bidang seperti robotica, transportasi, engineering dan masih banyak lagi. Selain itu, Artificial Intelligence bahkan sudah banyak diterapkan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Secara umum memang ada banyak sekali fungsi dari Artificial Intelegence. Bagi kalian yang masih bingung dengan apa itu AI atau Artificial Intelegence, berikut ini akan kami berikan penjelasannya.

Pengertian AI (Artificial Intelegence)

Pengertian AI


Pengertian AI atau Artificial intelligence disebut juga sebagai kecerdasan buatan yang artinya adalah sistem komputer yang dapat melakukan pekerjaan atau kegiatan dan dengan menggunakan kecerdasan manusia. Pengertian kecerdasan buatan itu sendiri adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana cara membuat suatu sistem komputer supaya dapat berpikir dan juga bertindak sesuai dengan apa yang diperintahkan, layaknya seperti seorang manusia.
Dengan menggunakan teknologi AI juga bisa membuat keputusan dengan cara menganalisis dengan menggunakan data yang telah tersedia pada sistem yang ada di dalamnya. Tujuan dari pembuatan AI adalah untuk mengotomatisasi aktivitas dan kegiatan manusia ke dalam gabungan teknologi, sehingga pekerjaan manusia dapat dibantu dengan menggunakan teknologi tersebut.

Tujuan AI (Artificial Intelegence)

Pengertian AI


Artificial intelligence merupakan suatu perkembangan teknologi buatan manusia dengan memanfaatkan kecerdasan yang dimiliki oleh manusia untuk menciptakan sebuah teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia pula. Selain itu, ada pula tujuan lain dibuatnya artificial intelligence yang akan kami jelaskan berikut ini.

Membuat Teknologi Yang Bermanfaat


Tujuan utama dari dibuatnya sebuah teknologi adalah untuk membantu pekerjaan manusia supaya mendapatkan hasil yang baik serta untuk mempermudah suatu pekerjaan. Apabila manusia hanya mengerjakan pekerjaannya sendiri pasti akan terasa lebih berat dan sulit. Hal tersebut berbanding terbalik apabila manusia mendapatkan batu orang lain untuk mengerjakan pekerjaannya pasti akan terasa lebih ringan dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya. Dengan begitu maka kecanggihan teknologi yang dapat kita manfaatkan untuk dikembangkan dan sebagai dasar pembuatan suatu teknologi baru lagi yang lebih bermanfaat.

Menciptakan Teknologi Yang Pintar


Sama halnya dengan tujuan pertama bahwa dibuatnya AI atau Artificial Intelegence adalah untuk menciptakan suatu teknologi baru yang ditumbangkan dengan menggunakan kecerdasan manusia. Nantinya teknologi tersebut dapat mempermudah pekerjaan manusia. Untuk menciptakan teknologi tersebut maka dibuatlah artificial intelligence agar teknologi yang dibuat memiliki kecerdasan yang sama bahkan bisa lebih dari manusia. Teknologi yang pintar akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk menyelesaikan pekerjaan secara lebih efisien.

Memahami Kecerdasan


Tujuan lain dibuatnya AI atau artificial Intelegence adalah agar bisa mampu memahami kecerdasan layaknya manusia yang mampu memecahkan suatu permasalahan. Artificial Intelegence ini juga memiliki tujuan yang sama untuk memecahkan suatu permasalahan secara lebih cepat, teliti, dan lebih efektif serta efisien. Sehingga pada dasarnya segala tujuan dibuatnya AI yaitu untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Penerapan Teknologi AI ( Artificial Intelligence)

Pengertian AI

Pencarian Google

Pada saat kamu mengapa menggunakan Google sebagai mesin pencari dan kamu menuliskan beberapa huruf atau kata pada kolom search di dalam mesin pencari tersebut, maka Google nantinya akan memberi rekomendasi pencarian berdasarkan apa yang telah kamu tuliskan untuk dipilih. Mesin pencari Google mampu prediksi pencarian berdasarkan dari hasil analisis yang telah dikumpulkan oleh Google. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa pencarian Google termasuk ke dalam penerapan teknologi AI atau Artificial Intelligence.

Chatbots Pada Layanan Online


Penerapan teknologi AI (Artificial Intelligence) juga digunakan pada chatbots dengan memanfaatkan teknologi yang bernama Natural Language Processing. Biasanya teknologi tersebut dimanfaatkan oleh banyak orang ngantuk penyedia layanan online. Dalam hal ini maksudnya adalah berikan jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh konsumen. Cara kerja chatbots adalah dengan melakukan proses pemahaman, kemudian menganalisis, dan selanjutnya adalah merespon. Semakin sering teknologi ini melakukan komunikasi, maka kakaknya semakin meningkat pula kemampuan dalam merespon dan memberikan solusi dari chatbots.

Meningkatkan Sosial Media


Artificial Intelegence dapat mempermudah para pengguna internet khususnya sosial media untuk mencari dan melakukan komunikasi dengan ataupun saudara pada sosial media. Misalnya saja apabila kamu ingin mencari pekerjaan dengan aplikasi, maka tugas AI adalah mengidentifikasi kemudian memberikan kecocokan antara kandidat dengan pekerjaan yang diharapkan.

Filter Email Pada Gmail


Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa Google juga menggunakan teknologi AI untuk memastikan bahwa hampir secara keseluruhan email yang telah diterima pada kotak masuk Gmail adalah asli. Selain itu Gmail juga mampu memfilter pesan yang masuk ke dalam jendela dengan mengurutkan nya beberapa kategori seperti utama, sosial, forum promosi, pembaruan, dan spam. Dengan memanfaatkan teknologi AI Gmail akan membantu kamu untuk mengorganisir email yang masuk sehingga dapat lebih muda di filter untuk membantu berkomunikasi melalui email.

Nah itu dia penjelasan yang bisa kami berikan tentang pengertian AI (Artificial Intelligence), tujuan dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak yang tidak menyadari bahwa sebenarnya teknologi AI memang sudah biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan banyak membantu pekerjaan manusia menjadi lebih ringan. Semoga dengan adanya AI kita mampu menciptakan sebuah teknologi baru yang lebih bermanfaat bagi banyak orang.

Artikel Terkait