Cara Memperbaiki Microsoft Word Tidak Bisa Diketik
Office

Cara Memperbaiki Microsoft Word Tidak Bisa Diketik

Microsoft Word adalah salah satu program pengolah kata yang sangat populer dan bermanfaat bagi banyak orang, hal tersebut karena aplikasi besutan Microsoft sangat membantu para penggunanya untuk menyelesaikan tugas sekolah, membuat laporan, atau bahkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Tapi apakah kamu pernah mengalami suatu masalah pada saat sedang menggunakan Microsoft Word, seperti pada saat sedang membuat sebuah laporan tiba-tiba dokumen yang kamu kerjakan tersebut tidak bisa di ketik?

Cara Mengatasi Microsoft Word yang Tidak Bisa Diketik

Masalah dokumen dari Microsoft Word yang tidak bisa diketik merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Bagi yang tidak tahu mengenai penyebab permasalahannya mungkin akan mengira bahwa Microsoft Word yang kamu gunakan terserang virus.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut jika masalah seperti di atas menimpa kita? Nah, maka dari itulah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan ulasan mengenai beberapa cara yang dapat kamu coba untuk mengatasi dokumen Microsoft Word yang tidak bisa di ketik.

Jadi langsung simak saja ulasan mengenai beberapa cara mengatasi dokumen Microsoft Word yang tidak bisa diketik berikut ini :

1. Restart Perangkat Komputer

Restart Perangkat Komputer

Merestart atau memulai ulang komputer merupakan salah satu hal yang perlu kamu coba pertama kali, karena biasanya hal tersebut sangat ampuh untuk membantu komputer kamu agar dapat berjalan dengan normal lagi.

Karena, pada saat komputer dalam keadaan hidup biasanya komputer akan menghasilkan sebuah bug jika digunakan dalam waktu yang lama.

Dan dengan kamu merestart komputer kamu maka cache-cache yang memiliki potensi memberikan bug pada komputer kamu akan terhapus dan komputer akan berjalan dengan lancar.

2. Cek Keyboard

Konektor Keyboard

Mengecek sambungan atau koneksi keyboard ke dalam perangkat komputer kamu juga merupakan salah satu hal yang perlu kamu cek, karena biasanya masalah seperti Microsoft yang tidak mau di ketik juga di sebabkan karena tidak adanya koneksi keyboard ke dalam perangkat komputer.

Maka dari itu, bagi kamu yang menggunakan keyboard dengan kabel, kamu harus memastikan bahwa kebel keyboard kamu sudah terpasang dengan benar ke dalam perangkat komputer kamu.

Sedangkan bagi kamu yang menggunakan keyboard wireless kamu harus memeriksa terlebih dahulu apakah batrei pada keyboard dan konektornya terisi atau tidak.

3. Aktifkan Num Lock Key

Num Lock Keyboard

Hal lain yang dapat kamu lakukan untuk memperbaikan Microsoft Word yang tidak dapat di ketik adalah dengan mengecek apakah Num Lock Key aktif atau tidak. Hal tersebut sangat penting dan perlu kamu cek, karena jika Num Lock Key tidak aktif maka kamu tidak dapat menginputkan angka lewat keyboard kamu.

Untuk mengeceknya, kamu hanya perlu melihat ke arah lampu Num Lock Key menyala atau tidak. Lampu tersebut biasanya terletak di sebelah kanan atas kebyboard dengan simbol angka 1 dalam kotak.

Jika tidak meyala, maka kamu dapat menagktifkannya dengan menekan tombol Num Lock Key pada keyboard kamu hingga lampu Num Lock Key yang ada di sebelah kanan atas tersebut menyala.

4. Nonaktifkan Document Protection

Selain yang sudah di sebutkan di atas, proteksi dukumen yang aktif juga dapat membuat kamu tidak bisa melakukan pengetikkan pada dokumen Microsoft Word. Maka dari itulah, jika kamu mengalami masalah tersebut kamu perlu mengecek Document Protection.

Pastikan bahwa Document Protection pada Microsoft Word yang terpasang pada perangkat kamu nonaktif. Lalu bagaimana cara menonaktifkan Document Protection?

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat langsung kamu ikuti jika ingin menonaktifkan Documen Protction pada Microsoft Word :

  • Pertama-tama, kamu dapat masuk ke dalam tab File > klik Info > pilih Protect Document.
  • Setelah itu kamu hanya perlu mengecek, apakah pada bagian Mark as Final, Restrict acces, dan Editing Restrict sudah dalam keadaan aktif.
Document Protect
  • Langkah selanjutnya adalah menonaktifkan ketiga hal yang sudah disebutkan pada langkah yang sebelumnya dengan tujuan agar dokumen Microsoft Word tersebut dapat langsung di edit.

5. Versi Microsoft Word yang Trial

Kemungkinan terakhir yang mungkin menjadi penyebab dari Microsoft Word kamu yang tidak dapat di ketik meskipun sudah melakukan beberapa cara sebelumnya adalah karena Microsoft Word kamu merupakan versi trial.

Setiap aplikasi versi trial termasuk Microsoft Word hanya memberikan waktu penggunanya untuk menggunakan aplikasi tersebut dalam jangka waktu tertentu. Dan apabila masa trial tersebut sudah habis maka aplikasi tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi.

Hal tersebutlah yang mungkin saja terjadi pada aplikasi Microsoft Word kamu sehingga tidak dapat melakukan pengetikkan pada dokumen di Microsoft Word kamu.

Untuk mengatasi hal tersebut dan agar masalah tersebut tidak terulang lagi maka kamu perlu membeli full versinya atau kamu dapat langsung membeli Microsoft Office yang originalnya.

Akan tetapi sebelum melakukan pembelian tersebut kamu harus memastikannya terlebih dahulu secara detail mengenai penyebab terjadinya kesalahan di dalam Microsoft Word kamu.

Nah, Demikianlah ulasan mengenai beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi permasalah di dalam Microsoft Word dimana tidak bisa melakukan pengetikkan pada dokumen. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan membantu kamu dalam menyelesaikan permasalahan ini. Terima Kasih.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *