Aplikasi Pengganti Play Store

Google Play Store merupakan salah satu layanan yang paling banyak digunakan oleh para pengguna android karena dengan layanan tersebut kita dapat mengunduh berbagai macam aplikasi dan juga game dengan sangat mudah.

Meskipun mudah, akan tetapi karena peraturan yang diterapkan pada layanan tersebut sangat ketat sehingga ada banyak sekali aplikasi yang tidak akan bisa kita temui pada Play Store.

Hal inilah yang membuat beberapa orang mencari alternatif lain yang tidak terlalu ketat untuk memperoleh atau mengunduh aplikasi-aplikasi yang tidak bisa kita temui di Play Store.

Daftar Aplikasi Pengganti Play Store Terbaik

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi pengganti Play Store, antara lain.

1. Amazon App Store

Amazon-App-Store

Layanan yang pertama yang dapat kamu jadikan sebagai pengganti Google Play Store adalah Amazon App Store. Amazon App Store sendiri merupakan salah satu saingan dari Google Play Store. Sebagai pengguna Kindle, Fire Phone, dan Fire Tablet mereka menggunakan Amazon App Store sebagai toko aplikasi utamanya.

Dengan menggunakan Amazon App Store, kamu akan mendapatkan sebuah penawaran yakni mendapatkan aplikasi berbayar secara gratis di setiap harinya.

Meskipun demikian, Amazon App Store tidak bisa bisa di akses melalui web karena tidak tersedianya antarmuka web pada layanan ini sehingga untuk menggunakannya kita harus menginstal APK nya terlebih dahulu.

Setelah kamu menginstal Amazon App Store, kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email kamu. Sebagai kamu yang sudah terbiasa dengan Google Play Store, layanan yang satu ini sangat cocok dengan kamu karena memiliki UI yang hampir sama dengan Google Play Store.

Download : Amazon Store

2. APKMirror

APKMirror

Pilihan pengganti Google Play Store yang selanjutnya adalah APKMirror. APKMirorror sangat cocok untuk kamu yang ingin mencari aplikasi-aplikasi yang tidak dapat ditemukan di Google Play Store baik itu karena dibatasi oleh geografis ataupun karena hal lain.

Kita dapat menemukan berbagai macam aplikasi karena yang mungkin susah untuk ditemukan di layanan lain, hal tersebut karena APKMirror merupakan salah satu marketplace aplikasi yang tidak memiliki aturan yang ketat.

Jika kamu ingin menggunakan APKMirror, kamu dapat mengunduh apknya di Google play Store terlebih dahulu atau kamu dapat membukanya melalui halaman web nya.

Meskipun tidak memiliki aturan yang terlalu ketat, akan tetapi APKMirror akan selalu memverifikasi setiap tanda tangan aplikasi baru dengn yang aslinya untuk mengotikasi sang penerbit. Jadi, dengan adanya hal tersebut membuat APKMirror menjadi lebih aman terutama pada saat kita akan mengunduh suatu aplikasi.

Download : APKMirror

3. F-Droid/Aurora

F-Droid

F-Droid sebuah marketplace aplikasi-aplikasi open-source dan gratisyang berfokuskan kepada aplikasi-aplikasi andorid. F-Droid merupakan salah satu marketplace aplikasi open-source yang cukup populer dan tentunya aplikasi yang tersedia juga aman untuk perangkat kamu.

Akan tetapi, jika kamu menggunakan F-Droid maka kamu tidak akan bisa menemukan aplikasi-aplikasi populer yang ada di Google Play Store, meskipun demikian kamu masih bisa mengunduh aplikasi lain yang open-source seperti NewPipe.

Pada saat kamu menggunakan F-Droid sebagai pengganti Google Play Store maka sangat disarankan untuk menggunakan email sekali pakai pada saat menautkannya kepada F-Doid atau Google Play Store karena kamu dapat menarik aplikasi secara langsung dari repositori Google tanpa Play Service atau suite pelacakan yag lainnya.

Download : F-Droid/Aurora

4. Aptoide

Aptoide

Layanan pengganti Google Play Store yang selanjutnya adalah Aptoide. Aptoide memiliki persaingan yang lumayan ketat dengan Google Play Store. Jika Google Play Store lebih berfokus kepada Smartphone, Aptoide lebih menekankan diri pada Aplikasi TV android, di sanalah Aptoide memiliki ruang khusus.

Akan tetapi jika kamu ingin mencari aplikasi yang tidak tersedia di Google Play Store karena masalah geografi ataupun karena masalah pelanggaran kebijakan Google Play Store maka kamu dapat mencarinya di Aptoide, bahkan dengan ini kamu bisa mendapatkan aplikasi-aplikasi yang populer yang berasal dari pengembang seperti Facebook, Supercell, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Keamanan yang dimiliki oleh Aptoide juga lumayan tinggi karena aplikasi-aplikasi yang ada di Aptoide merupakan unggahan langsung dari para pengembang dan yang tentu saja sudah di verifikasi lebih lanjut dari pihak Aptoide melalui berbagai macam pengujian keamanan.

Jadi bisa dikatakan bahwa aplikasi yang terdapat di dalam Aptoid sudah sangat terpercaya karena tidak ada pihak ketiga yang dapat mengotak-atik proses dari aplikasi yang ada.

Aptiode ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin mencari pengganti Google Play Store tetapi tetap tingkat keamanan yang baik.

Download : Aptoide

5. GetApp

GetApps

Sebagai pengguna Xiaomi seperti Redmi, Poco, atau Mi pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan marketplace aplikasi yang satu ini bukan? Marketplace yang satu ini juga sangat cocok untuk mau yang ingin mencari pengganti Google Play Store.

Di dalam GetApps terdapat banyak sekali aplikasi yang dapat kamu unduh dan kamu coba termasuk aplikasi-aplikasi populer yang ada di Google Play Store seperti Facebook, TikTok, dan masih banyak lagi.

Dengan demikian, kamu dapat menjadikan GetApps sebagai Marketplace utama dan menon-aktifkan Google Play Store di Smartphone kamu.

6. Samsung Galaxy Store

Samsung Galaxy Store

Sebagai pengguna Samsung, baik itu Smartphone android, Smartwatch, dan bahkan Smart TV, maka marketplace aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk kamu karena ada banyak sekali aplikasi-aplikasi yang sudah diperbarui dan dikelola oleh Galaxy Store di latar belang.

Bahkan sekarang Samsung sudah bermitra dengan banyak sekali penerbit yang bertujuan untuk menjadikan platformnya menjadi lebih populer dan juga lebih menguntungkan bagi para pengembang yang meletakkan aplikasinya dimarketplace yang satu ini.

Salah satu contoh yang dapat kita temui adalah adanya game Fortnite yang sudah tersedia di Galaxi Store akan tetapi game tersebut belum rilis sama sekali di Google Play Store. Jadi itulah salah satu penyebab mengapa Galaxy Store juga sangat di rekomendasikan untuk kamu yang ingin mencari pengganti Google Play Store.

Download : Galaxy Store

7. Huawei AppGallery

Huawei AppGallery

Layanan pengganti Google Play Store yang selanjutnya adalah Huawei AppGallery. Pada awalnya marketplace aplikasi yang satu ini hanya dapat digunakan menggunakan perangkat Huawei dan Honor saja, akan tetapi setelah mendapatkan sanksi dari Amerika Serikat dan juga dari pihak Google membuat marketplace aplikasi ini terbuka untuk semua perangkat,

Terlebih lagi dengan adanya peningkatan pengembangan dan penawaran secara insentif dari berbagai perusahaan untuk mengunggah APK secara langsung ke platform ini membuat Huawei AppGallery dapat kamu jadikan sebagai salah satu pilihan untuk menggantikan Google Play Store.

Download : Huawei AppGallery

Nah itulah beberapa Daftar Aplikasi Pengganti Play Store terbaik, jika kamu memiliki rekomendasi aplikasi lain, silahkan tulis rekomendasi kamu di kolom komentar.