Cara-vpn-menyembuntikan-privasi
Komputer

Cara VPN Menyembunyikan Privasi Pengguna

Cara VPN Menyembunyikan Privasi Pengguna – Saat ini penggunaan teknologi sudah sangat umum dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat untuk memenuhi dan membantu segala aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Tidak jarang bahkan semakin banyaknya pengguna teknologi khususnya internet maka semakin tidak terkontrolnya kegiatan yang bisa saja membahayakan diri sendiri dan orang lain. Salah satu dampak negatif dari penggunaan internet yang bisa terjadi kapan saja adalah maraknya kasus pencurian data dalam internet. Saat ini sedang marak kasus pencurian data pribadi yang digunakan secara sembarangan untuk kepentingan kelompok tertentu. Nah, salah satu cara mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan VPN saat mengakses internet.

Saat mengakses internet dengan memanfaatkan VPN maka nantinya VPN akan memberikan jaminan kepada penggunanya untuk mengakses internet secara aman. VPN atau biasa disebut juga dengan private browsing akan membantu kamu untuk menyembunyikan dan menyamarkan alamat IP supaya tidak mudah tersimpan dan digunakan sembary oleh pihak tak bertanggungjawab. Lalu bagaimana kerja VPN bisa menyembunyikan privasi dari penggunanya? Kami akan jelaskan pembahasannya di bawah ini.

Cara VPN Menyembunyikan Privasi Pengguna


Mungkin pada umumnya kita semua tahu bahwa fungsi VPN yang paling banyak diketahui adalah untuk mengkoneksikan smartphone, tablet, PC atau komputer untuk memberikan layanan koneksi agar dapat mengakses website dengan aman. Selain itu, kelebihan yang lainnya adalah program untuk mengakses berbagai situs sebenarnya tidak dapat diakses dengan koneksi biasa. Diluar dari itu semua saat ini pengguna VPN juga bertujuan untuk mengamankan data pribadi yang sekarang ini sedang maraknya bkasus pencurian data.

Pencurian data pada internet bahkan tidak hanya meliputi data pribadi saja namun juga data-data penting suatu perusahaan atau instansi tertentu. Sedangkan dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network) akan membantu masalah tersebut supaya tidak terjadi lagi. Layanan VPN ini akan bekerja untuk menjaga kerahasian data privat dengan melakukan pengamanan yang tinggi. Apalagi jika kamu sering mengakses internet dengan berbagai situs atau layanan online, maka hal tersebut yang dapat memicu data pribadi kalian mudah di salahgunakan oleh orang lain.

Cara Kerja VPN


Cara kerja VPN sebenarnya cukup sederhana yaitu dengan melakukan enkripsi pertukaran data saat sedang mengakses internet dengan menggunakan suatu lorong khusus tidak jaringan utama tidak seperti apabila menggunakan koneksi biasa. Nantinya server VPN akan bertugas untuk meneruskan koneksi yang diinginkan padavsitus tertentu yang akan diakses. Sehingga saat sedang mengakses internet tersebut koneksi yang dikenali bukanlah koneksi jaringan pada saat itu, namun dikenal sebagai koneksi dari jaringan server VPN. Cara kerja VPN akan mengubah jalur koneksi melalui server serta menyembunyikan pertukaran data yang terjadi, sehingga memungkinkan data pribadi lebih aman.


Jadi Pada saat kita menggunakan jaringan tanpa VPN apakah nantinya koneksi yang akan dilakukan secara langsung tanpa di enkripsi. Sedangkan apabila kita menggunakan jaringan VPN, maka koneksi yang dilakukan akan secara otomatis terenkripsi kak dilewatkan terlebih dahulu melalui VPN server. Jadi cara VPN menyembunyikan privasi penggunanya adalah dengan melakukan enkripsi terhadap data yang masuk.


Pada dasarnya apabila penggunaan pengaksesan internet lainnya seputar browsing biasa dan histori hiburan saja, hal itu tidak terlalu membutuhkan pengamanan data yang ekstra. Namun beda halnya dengan pengaksesan internet pada perbankan online, email, serta hal-hal yang menyangkut data pribadi yang sensitif tentunya membutuhkan ekstra pengamanan data yang lebih. Nah, disini la fungsi VPN dapat digunakan oleh sebagian orang. Nantinya saat kamu menggunakan aplikasi VPN maka setiap data yang masuk akan di enkripsi aplikasi dan kemudian dikirimkan melalui ISP baru menuju server VPN.

Manfaat VPN

Membuat Kegiatan Akses Internet Lebih Aman

Sudah banyak diketahui bahwa dengan menggunakan jaringan APBN maka akan dapat mengamankan kegiatan akses internet karena dilakukannya enkripsi data. Sangat berbeda apabila kamu menggunakan wi-fi pada tempat yang dipisah saja membuka peluang risiko adanya serangan terhadap perangkat yang kamu gunakan. Dengan menggunakan VPN maka kamu akan dilindungi karena kelebihan menyediakan koneksi yang telah dienkripsi antara para penggunanya dengan situs jangan diakses sehingga dapat lebih memperkecil kemungkinan adanya pencurian data.

Dapat Membuka Sensor Dan Geo-Blocking

Cepat membuka sensor saat mengakses internet juga merupakan manfaat dari penggunaan VPN untuk bisa mengunjungi berbagai situs yang telah disensor dan dibatasi oleh pemerintah karena suatu hal tertentu. Jika seharusnya suatu situs atau layanan tersebut disensor dengan menggunakan koneksi biasa, maka situs atau layanan tersebut dapat membuka sensor jika kamu menggunakan layanan VPN.


Manfaat VPN yang selanjutnya adalah dapat mengelabui geo-blocking. Pengertian geo-blocking itu sendiri adalah suatu usaha yang membatasi supaya tidak menampilkan beberapa konten internet pada suatu wilayah tertentu, yang mana ini lebih sering terjadi pada layanan streaming. Sedangkan apabila menggunakan VPN maka kamu bisa mengakses layanan yang seharusnya tidak dapat diakses tersebut dengan mengacak posisi alamat IP lokasi yang aman dari fitur geo-blocking.


Setelah membahas bagaimana cara kerja VPN untuk menyembunyikan privasi para penggunanya, selanjutnya kita akan mengulas sedikit beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan VPN. Bagi kalian yang masih penasaran apa saja sebenarnya manfaat VPN akan kami beri ulasannya dibawah ini.

Apabila kamu ingin menggunakan VPN maka kamu juga harus memilih aplikasi layanan yang terbaik dan terpercaya. Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi yang tersedia dengan gratis, namun kami menyarankan untuk lebih baik menggunakan layanan VPN yang berbayar karena jaminan pengamanan data lebih tinggi dibandingkan dengan VPN gratis.