Cara Menghapus Chromium
Komputer

Cara Menghapus Chromium

Cara Menghapus Chromium – Di zaman sekarang kita semua dipermudah dengan adanya internet, semua yang kita butuhkan tersedia di internet, nah dengan memanfaatkan internet kalian pasti membutuhkan web browser yang sebagai alat untuk menjelajah dunia internet, baik itu Google Chrome, Opera, Mozila Firefox, Internet Explorer dan lain sebagainya.

Tetapi kebanyakan pengguna menggunakan Google Chrome, tetapi pernah tidak kalian tiba tiba di pc kalian terinstall Chromium? simak penjelasan berikut untuk mengatasinya.

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai cara mengatasinya kalian perlu megetahui terlebih dahulu chorium itu apa? Chromium merupakan sebuah browser yang sifatnya open source yang kemudian source code dikembangkan oleh pihak Google untuk membangun browser Google Chrome.

Oleh sebab itu dari keduanya antara Chromium dan Google Chrome memiliki kesamaan dari dua browser tersebut baik dari fitur dan tampilannya hampir serupa, tidak hanya Google Chrome saja yang menggunakan Chromium sebagai source codenya tetapi ada Amazon Silk, Baidu Browser, Comodo Dragon dan lain sebagainya.

Tetapi ada yang beranggapan bahwa Chromium ini merupakan aplikasi browser Google Chrome yang merupakan sebuah virus, karena setiap kalian baru menyalakan pc pasti Chromium akan secara otomatis terbuka, mungkin dari kalian ada yang merasa terganggu dengan aplikasi tersebut dengan munculnya yang otomatis banyak yang menduga duga bahwa itu merupakan sebuah virus.

Jadi sudah pantasnya kalian hapus karena dengan menggunakan Google Chrome saja sudah lebih dari cukup untuk digunakan.

Virus Chromium adalah sebuah istilah yang digunakan banyak orang untuk menggambarkan sebuah penelusuran web berbahaya yang didesain menggunakan code source resmi chromium.

Setelah aplikasi ini terpasang pada pc kalian maka kemudian dapat melakukan penulisan ulang dari data yang ada pada jalan pintas penelusuran web Chrome yang sah dan kemudian diganti dengan yang palsu, perlu diwaspadai bahwa aplikasi Chromium aktif dibeberapa negara contohnya seperti Spanyol, Italia, Amerika Serikat, Portugal, dan lain sebagainya.

Biasanya pengguna yang sudah terkena virus Chromium tidak akan melihat hal hal yang mencurigakan memang kelihatannya biasa biasa saja karena tujuan dari aplikasi tersebut bertujuan untuk mengelabui agar terkesan sebagai aplikasi yang biasa saja tidak berguna yang apabila dibiarkan tidak apa-apa.

Tetapi dengan tidak terlihatnya gerak gerik mencurigakan ini malah berkesan aneh dan tidak masuk akal karena kenapa tiba tiba muncul dan tiba tiba sudah terinstall begitu saja.

Ada banyak yang mencoba untuk mulai mencari program atau ekstensi penelusuran web yang mencurigakan di dalam sistem, akan tetapi bisa saja hal tersebut akan percuma saja sebab virus tersebut akan menyamarkan semua proses yang sedang berlangsung dengan sangat canggih.

Apabila kalian mencoba nge cek proses task manager maka kalian akan melihat juga proses Chromium.exe, aplikasi tersebut akan bekerja dengan menggunakan sumber daya kekuatan memory CPU yang cukup besar.

Cara Mencegah Chromium

Kalian bisa saja secara tidak sengaja mengaktifkan virus pembajak Chromium apabila kalian selalu memasang program baru atau aplikasi dengan mode “standar” atau “default”, ada pentingnya untuk mengubah atau memodifikasi pengaturan dari pemasangan perangkat atau aplikasi dengan tujuan untuk lebih mencegah masuknya program yang tidak kalian inginkan.

Yang perlu kalian lakukan ialah dengan mencari pengaturan dan kemudian kalian mengkonfigurasi pengaturan pemasangan perangkat dengan baik dan benar, oleh sebab itu pilihlah pemasangan “Custom” atau “lanjutan” dan kemudian kalian cari kotak centang mencurigakan dengan pernyataan yang kurang terpercaya setelahnya.

Apabila kalian menemukan sebuah pernyataa yang akan mengabulkan ijin kalian untuk menginstall aplikasi yang tidak dikenal atau program yang tidak dikenal, toolbar penelusuran web dan yang lainnya, janganlah kalian meneruskannya sampai kalian bener benar mengkonfigurasinya dengan baik dan benar.

Hilangkan saja klik pada kotak centang dan kemudian kalian lanjutkan, perlu diketahu bahwa penelusuran web Chromium dapat didistribusikan melalui iklan Urgent Chromium Update.

Akan tetapi dari beberapa penelusur web versi palsu dapat mencapai pc korban saat dipasang bersamaan dengan perangkat lunak ilegal, kami sangat merekomendasikan kalian untuk mengindari paket paket lisensi gratis yang dapat di download pada situs situs umum atau dari sumber sumber web yang mencurigakan lainnya, karena menempatkannya pada sistem kalian bisa saja mengijinkan juga file-file berbahaya ikut masuk juga ke pc kalian.

Cara Menghapus Chromium

Untuk menghapus atau menguninstall Chromium pada dasarnya akan sama saja dengan cara menguninstall aplikasi aplikasi lainnya di windows akan tetapi akan berbeda dengan aplikasi aneh ini susah dihapus bagi yang belum mengetahuinya.

Apabila kalian hanya mencoba menghapus melalui control panel itu tidak akan bisa, karena pengalaman kami bila menghapus melalui control panel itu sia sia saja oleh sebab itu kalian perlu menggunakan cara berikut ini.

1. Buka File Explorer.

2. Klik pada local disk (C:).

3. Klik folder User atau Pengguna.

4. Kemudian klik folder yang namanya berdasarkan nama komputer kalian.

5. Pilih folder AppData.

6. Masuk pada folder local.

7. Klik pada bagian atas opsi.

8. Masuk pada opsi folder.

9. Pilih tampilkan folder “drive tersembunyi”.

10. Kemudian kalian kembali pada folder local tadi, nanti akan muncul folder bernama Chromium.

11. Kalian hapus saja dengan shortcut SHIFT + Del.

Nah setelah kalian menghapus folder tersebut maka secara otomatis aplikasi chormium akan terhapus dari pc kalian, apabila pc kalian terdapat aplikasi ini lagi maka lakukanlah hal yang serupa, karena dari pengalaman sendiri aplikasi ini dapat muncul secara tiba tiba.