Cara Membuat Brosur dengan Microsoft Word

Brosur adalah salah satu media marketing bisnis yang digunakan oleh kebanyakan orang untuk memasarkan produknya. Meskipun di jaman yang modern seperti saat ini brosur merupakan salah satu teknik promosi yang jadul, akan tetapi masih banyak peminatnya karena memiliki ukuran yang kecil, fleksibel, dan modal pembuatannya yang tidak terlalu besar.

Terlebih lagi jika brosur yang dibuat tersebut memiliki isi yang menarik dan juga informatif, tentu hal tersebut sangat menguntungkan pemilik produk karena pada dasarnya brosur memiliki sifat yang lebih memoriable dan juga dapat mempengaruhi minat para konsumen agar semakin tertarik untuk membeli produk yang di tawarkan.

Dan bagi kamu yang ingin memasarkan produk kamu dengan brosur, kamu dapat menekan modal pemasaran kamu dengan cara membuat brosur sendiri karena dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot mencari dan membayar jasa percetakkan untuk membuat desain brosur yang kamu butuhkan.

Tapi apakah kamu tahu bagaimana cara membuat brosur? Bagi kamu yang ingin membuat brosur dan belum terbiasa membuat brosur dengan aplikasi desain seperti Photoshop dan Coreldraw, maka kamu dapat membuatnya dengan cara yang paling mudah yakni membuat brosur menggunakan Ms Word.

Nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan ulasan mengenai bagaimana cara membuat brosur menggunakan Ms Word. Penasaran bukan? Jadi langsung simak saja ulasannya berikut ini.

Cara Membuat Brosur di Ms Word

Bagi kamu yang mungkin kurang dalam menguasai aplikasi desain untuk membuat brosur seperti Photoshop atau Coreldraw, maka kamu tidak usah khawatir karena kamu dapat membuat brosur tersebut menggunakan Ms Word.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan jika kamu ingin membuat brosur di Ms Word :

A. Menggunakan Template di Ms Word

Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu atau kurang bisa membuat sebuah desain, maka kamu dapat menggunakan template yang sudah di sediakan oleh Ms Word dan kamu hanya perlu mengunduhnya saja.

Maka dari itulah untuk melakukan cara yang satu ini, kamu diharuskan untuk menghubungkan komputer kamu dengan jaringan internet. Berikut ini adalah langkah-langkah membuatnya :

1. Buka Ms Word

Membuat Brosur di Ms Word Dengan Template

Pertama-tama kamu dapat membuka Ms Word terlebih dahulu, akan tetapi dnegan catatan kamu sudah terhubung dengan koneksi internet. Pada saat awal kamu masuk ke dalam Ms Word, maka kamu akan diberikan pilihan untuk ingin menggunakan halaman blank atau bertemplate.

2. Pilih Template

Membuat Brosur di Ms Word Dengan Template2

Pada halaman tersebut kamu dapat memilih template dengan mengetik brochure pada kolom search yang ada di sebelah atas dan kemudian klik Enter. Setelah itu kamu akan diberikan pilihan beberapa desain brosur dan kamu hanya perlu memilih desain yang cocok dengan apa yang ingin kamu pasarkan.

3. Unduh dan Pasang Template

Membuat Brosur di Ms Word Dengan Template3

Jika kamu sudah menentukan desain mana yang ingin kamu gunakan, maka kamu dapat langsung klik pada gambar tersebut dan kemudian klik Create. Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu hingga proses pengunduhan selesai dan secara otomatis template tersebut akan langsung terpasang di halaman Ms Word kamu.

4. Ubah Sesuai Kebutuhan

Membuat Brosur di Ms Word Dengan Template4

Jika sudah terpasang, maka kamu hanya perlu mengubah isinya dengan apa yang kamu butuhkan. Kamu juga dapat menambahkan gambar atau apapun untuk meningkatkan daya tarik brosur yang kamu buat.

5. Simpan Brosur

Membuat Brosur di Ms Word Dengan Template5

Jika sudah selesai, maka kamu dapat langsung menyimpan file tersebut dengan cara klik File > pilih Save As > ubah nama dan pilih format > klik Save. Jika sudah menyimpannya maka kamu tidak perlu mengedit lagi jika ingin mencetaknya.

B. Membuat Brosur dari Awal di Ms Word

Nah, jika kamu merasa bahwa desain yang di sediakan oleh ms Word kurang menarik, maka kamu dapat membuatnya secara manual di Ms Word dari awal sehingga hasil yang kamu peroleh akan jauh lebih memuaskan.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat brosur di Ms Word secara manual dari awal :

  • Pertama-rama kamu hanya perlu membuka aplikasi Ms Word kamu dan kemudian pilih blank document.
  • Setelah itu kamu dapat langsung masuk ke dalam tab Layout > klik Margin > pilih Narrow. Jika sudah, kamu dapat mengatur margin kertas dengan ukuran 0,5 cm x 0,5 cm.
  • Langkah yang selanjutnya adalah klik Orientation > pilih Landscape.
  • Kemudian kamu dapat langsung menuju Columns > pilih masukkan jumlah lipatan yang ingin kamu buat pada brosur kamu.
  • Setelah itu, kamu dapat memasukkan gambar atau tulisan sesuai dengan yang kamu inginkan dengan masuk ke dalam tab Insert. Selain itu, pada tab Design kamu juga dapat mencurahkan kreatifitas yang kamu miliki dengan memasukkan desain layout dan kombinasi warna yang menambah daya tarik brosur yang kamu buat.
  • Jika sudah, maka kamu dapat langsung klik tab Insert > pilih Save As > pilih lokasi penyimapanan > masukkan nama dan pilih format file > klik Save.

Tips Membuat Brosur Menjadi Menarik

Daya tarik dari sebuah brosur bukan dinilai dari aplikasi yang digunakan untuk membuatnya akan tetapi dari tampilan dan isi yang disuguhkan pada brosur tersebut. Jadi meskipun kamu membuat brosur di Ms Word, kamu masih bisa kok membuat brosur yang menarik.

Nah, kami punya sedikit tips nih agar brosur yang kamu buat bisa menjadi semakin menarik di mata konsumen. Berikut ini adalah beberapa tips meningkatkan daya tarik sebuah brosur di hadapan konsumen.

  1. Memiliki segala informasi dari barang/jasa yang kamu pasarkan, dengan isi yang memiliki banyak informasi maka pembaca akan semakin yakin dengan barang atau jasa yang kamu sediakan.
  2. Buatlah judul yang menarik, judul yang menarik akan memberikan kesan memorable dan juga dapat memprovokasi emosi para pembaca yang membuatnya semakin tertarik.
  3. Simpel, usahakan brosur yang kamu buat itu sesimpel mungkin namun memiliki informasi mengenai barang atau jasa yang kamu sediakan.
  4. Mudah di baca, gunakan bahasa dan jenis font yang mudah untuk dibaca dan dipahami oleh para pembaca, sehingga para pembaca akan mengerti apa maksud dari brosur yang kamu buat.
  5. Tambahkan promo, Promo merupakan hal yang paling menarik bagi para konsumen, maka dari itu tidak ada salahnya jika kamu memasukkan promo ke dalam brosur yang kamu buat.
  6. Tambahkan review, dengan adanya sebuah review pada brosur yang kamu buat, maka hal tersebut akan menambah kepercayaan dari para pembaca mengenai produk atau jasa yang kamu sediakan.
  7. Informasi kontak yang jelas, masukkan kontak sales atau customer service yang jelas agar calon konsumen yang tertarik dengan barang atau jasa yang kamu sediakan dapat langsung menghubungi kamu.

Baca Juga: Cara Membuat Undangan di Microsoft Word

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan jika ingin membuat sebuah brosur menggunakan Ms Word beserta dengan beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk menambah daya tarik dari brosur kamu.

Semoga ulasan diatas mengenai tata cara dan tips membuat brosur yang menarik menggunakan Ms Word bermanfaat. Terima Kasih.

Tinggalkan komentar