5 Aplikasi Bechmark Terbaik untuk Android Selain Antutu

Siapa yang belum mengetahui AnTuTu? Aplikasi ini merupakan aplikasi benchmark yang populer digunakan di berbagai perangkat contohnya di Android.

Pada aplikasi benchmark ini dapat memperkirakan kinerja suatu pasal Android dengan melakukan serangkaian tes mulai dari tes processor, RAM, kartu grafis, dan komponen penting ponsel lainnya.

Sesudah tes tersebut telah dilakukan AnTuTu akan memberikan skor dari hasil benchmark yang dilakukan tadi.

Nah, hasil dari benchmark inilah yang dapat kita jadikan acuan sebagai cepat atau tidaknya kinerja suatu ponsel tersebut.

Daftar Aplikasi Benchmark Android

Ngomong-ngomong soal aplikasi benchmark sendiri bukan hanya AnTuTu saja. tapi masih ada banyak aplikasi lainnya yang tidak kalah bagusnya lho.

Apalagi pada saat ini aplikasi resmi AnTuTu ternyata telah dicabut dari Google Play Store.

Namun tidak perlu khawatir, karena dengan menggunakan aplikasi-aplikasi dibawah ini, kamu masih dapat dengan mudah melakukan benchmark pada ponsel.

1. 3DMark

3dmark

Baca Juga: Aplikasi Penyadap Whatsapp Android

Pada aplikasi pertama yang akan kita bahas adalah aplikasi 3DMark. Merupakan aplikasi benchmark yang dikhususkan untuk para Gamer.

Tidak jauh beda seperti aplikasi lainnya dalam daftar ini, setelah benchmark dilakukan kamu juga akan mendapatkan skor untuk membandingkan satu ponsel dengan ponsel yang lainnya.

Dan tidak hanya itu saja, 3DMark juga memberikan beberapa fitur lebih yang tidak kamu temui pada aplikasi lainnya.

Yang berbeda dari aplikasi ini adalah aplikasi ini akan memberikan beberapa data yang berguna untuk kamu, seperti bagaimana performa ponsel kamu berjalan pada versi Android yang berbeda.

Seperti yang telah kita ketahui, performa ponsel tidak hanya dipengaruhi oleh perangkat kerasnya saja, tetapi juga dari perangkat lunak dan sistem operasi yang digunakan.

Setiap kita mengupdate Android, akan membawa dua kemungkinan yang berbeda.

Hal yang pertama adalah kamu akan menjadi lebih cepat dari sebelumnya, dan yang kedua sebaliknya yakni akan membuat ponsel kamu menjadi lebih lambat dari sebelumnya.

Tapi, dengan adanya 3DMark ini, kamu tentu dapat dengan mudah mengetahui perbedaan sebelum dan setelah update Android dengan lebih presisi.

2. Geekbench 5

geekbench5

Aplikasi yang bernama Geekbench 5 adalah aplikasi benchmark yang hampir setara dengan AnTutu Jika dilihat dari popularitasnya.

Geekbench sendiri akan melakukan serangkaian tes yang secepat dan juga akurat mungkin.

Tiap-tiap Tes yang dilakukan oleh Geekbench mendukung multi-core, sehingga dapat mengukur potensi penuh dari perangkat yang sedang kamu gunakan.

Aplikasi ini juga menyertakan tes Vulkan Compute terbaru untuk mengatur kekuatan GPU ponsel kamu.

Biasanya fitur ini sangat berguna untuk digunakan saat melakukan benchmark ponsel gaming, jadi tentunya kita bisa mengetahui apakah ponsel tersebut bagus untuk gaming atau tidak.

3. PCMark for Android Benchmark

pcmark

Aplikasi ini cukup berbeda dengan aplikasi lainnya yang hanya menyediakan satu jenis benchmark saja, PCMark sendiri menyediakan beberapa jenis benchmark antara lain:

Computer Vision benchmark yang berukuran 70 MB

Work 2.0 benchmark berukuran 200 MB

Storage benchmark berukuran 100 mb

Work benchmark yang berukuran 400 MB

Disini ukuran yang saya maksud adalah file benchmark yang harus kamu download melakukan benchmark.

Nah, setelah kamu melakukan benchmark, maka file tersebut dapat kamu hapus namun skor perangkat kamu akan tetap tersimpan.

Kamu juga dapat melakukan beberapa jenis benchmark Salah satu perangkat yang sama.

Menurut saya, aplikasi ini tidak hanya kompatibel untuk ponsel Android saja, tapi juga dapat digunakan untuk mengukur performa tablet Android.

Tapi, perangkat yang harus kamu miliki setidaknya harus menggunakan Android 5.0 atau yang lebih baru, minimal RAM 1 GB, serta grafis OpenGL ES 2.0.

4. GFXBench Benchmark

gfxbench

Pada aplikasi ke empat yang akan kita ulas bersama adalah aplikasi GFXBench yang merupakan aplikasi benchmark gratis dan lintas platform yang dapat kamu gunakan untuk mengukur performa grafis, stabilitas performa jangka panjang, kualitas rendering, dan konsumsi daya.

Salah satu fitur yang unik dari aplikasi ini adalah mampu mendeteksi kapabilitas perangkat yang kamu gunakan, lalu memilih serangkaian tes yang sesuai dengan spesifikasi perangkat kamu itu.

Nah, dengan begitu hasil tes atau benchmark tentu akan lebih akurat.

GFXBench ini berukuran 49 MB, namun aplikasi ini akan mengunduh file sebesar 900 MB yang akan digunakan untuk melakukan Benchmark.

Setelah benchmark sudah dilakukan kan kamu tidak membutuhkannya lagi, sahabat SabiNews bisa menghapus aplikasi ini beserta data yang telah diunduh tadi.

Yang menarik dari aplikasi ini ialah kamu bisa mengunggah hasil benchmark ke situs resmi mereka di www.gfxbench.com.

Disini kamu juga bisa membandingkannya dengan perangkat yang sama milik teman, keluarga, rekan dan yang lainnya. Atau bisa juga membandingkan dengan model lain yang ada di luaran sana.

5. System Info Droid

system info droid

Baca Juga: Cara Browsing Menggunakan Aplikasi Termux

Pada aplikasi yang terakhir ini bernama System Info Droid. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengetahui parameter perangkat secara mendetail.

Kamu bisa mengetahui seperti spesifikasi lengkap dari ponsel yang kamu gunakan, meliputi: CPU, grafis, Wifi, sound chip, RAM, penyimpanan internal, layar, baterai, temperatur, sensor, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bukan hanya itu saja, dengan aplikasi ini kamu juga dapat membersihkan RAM, menyalin file APK yang terinstal di perangkat, membagikan statistik perangkat ke teman, dan masih banyak lagi.

Hebatnya lagi aplikasi ini bukan hanya sekedar aplikasi benchmark saja, namun lebih ke aplikasi utilitas dengan berbagai macam fitur serbaguna yang tertanam didalamnya.

Aplikasi ini cukup ringan untuk kamu gunakan karena ukurannya tidak lebih dari 4,6 MB. Jadi tidak perlu khawatir karena tidak memenuhi penyimpanan internal perangkat kamu.

Karena ukurannya yang cukup kecil ini, aplikasi ini sangat cocok digunakan pada perangkat perangkat dengan penyimpanan internal yang kecil dibawah 16 GB.

Sekian dulu artikel dari saya tentang aplikasi benchmark android selain antutu, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kamu ya, jangan lupa share ke teman teman kalian.